UPK Karanganyar

Jl. Raya Karanganyar - Demak Km. 17 Telp. (0291) 3304506 Kode Pos 59582

ad

DETIK DETIK AKHIR PROGRAM 2010

Perjalanan PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2010 di Kecamatan Karanganyar telah memasuki akhir tahapan. Berbagai jenis kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang telah menjadi usulan desa telah selesai dilaksanakan.

antusiasme dan partisipasi masyarakat begitu besar dengan adanya PNPM Mandiri Perdesaan ini. Mereka menilai dalam PNPM Mandiri Perdesaan yang di jalankan ini dirasakan sangat penuh dengan nilai pemberdayaan dan pembelajaran. Hal ini memang benar-benar sesuai dengan apa yang menjadi harapan dari adanya Program PNPM MAndiri Perdesaan ini.

1. Kegiatan Sarana dan Prasarana

Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana adalah salah satu kegiatan yang menjadi prioritas besar bagi warga masyarakat Kecamatan Karanganyar. Dari total 17 Desa di Kecamatan Karanganyar yang mengikuti Program PNPM Mandiri Perdesaan ini, 16 Desa terdanai dengan Dana PNPM Mandiri Perdesaan. Diantara jenis pembangunan yang di usulkan antara lain Pembangunan Gedung TK dan Madrasah, Pembangunan Jalan Rabat Beton, Pembuatan Talud Saluran serta Makadam.
Bagi sebagian masyarakat pelaksanaan Kegiatan ini tidak semudah yang mereka bayangkan. Hal ini di tunjukkan banyak keluhan beratnya pelaksanaan kegiatan. Mulai dari Persiapan, Pelaksanaan, maupun berkenaan dengan Administrasi.
Namun dengan niat untuk memajukan desa mereka, semua memang harus di tempuh. Dan Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan sukses.

2. Kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pemberdayaan kepada kaum perempuan, agar mereka dapat mengelola ekonomi mereka. sehingga di harapkan adanya peningkatan kesejahteraan bagi keluarga mereka.

Di sini peran dari Unit Pengelola Kegiatan terasa sangat besar. karena akan menangani pencairan hingga angsuran-angsuran.


3. Kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup
Untuk tahun 2010 ini dari 17 Desa yang mengusulkan kegiatan PKH (Peningkatan Kualitas Hidup) 16 desa diantara dinyatakan terdanai. Adapun usulan yang di ajukan diantaranya :
Pelatihan Perbengkelan PElatihan Pembuatan Kompos

Pelatihan Memasak Pelatihan Menjahit
Dari kegiatan Pelatihan-pelatihan semacam ini lah di harapkan masyarakat akan lebih terbantu dalam meningkatakan taraf Hidup Keluarga merek







0 komentar:

Posting Komentar