UPK Karanganyar

Jl. Raya Karanganyar - Demak Km. 17 Telp. (0291) 3304506 Kode Pos 59582

ad

UPK KARANGANYAR BANTU PRODUKSI KERUPUK KALITEKUK

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di kecamatan karanganyar, UPK Karanganyar memberikan bantuan berupa pembiayaan alat dan bahan dalam produksi kerupuk. Bantuan di berikan kepada salah satu kelompok. Hal ini di maksudkan agar pembinaan dapat maksimal.
Dukuh kalitekuk desa ngaluran merupakan satu-satunya dukuh di kecamatan karanganyar yang mata pencaharian warga masyarakatnya adalah membuat kerupuk. Hampir di setiap lahan kosong di dukuh tersebut terhampar kerupuk yang sedang di jemur. Hasil produksi kerupuk desa tersebut di pasarkan ke beberapa tempat. Dalam kota bahkan sampai ke beberapa kota.

Dengan besarnya minat warga untuk memproduksi kerupuk, maka UPK Karanganyar memberikan bantuan untuk membeli alat dan bahan untuk produksi kerupuk kepada salah satu kelompok. Di harapkan ke depan kelompok tersebut dapat maju dan berkembang.
         Bu Muni’mah adalah penerima bantuan tersebut. Bu muni’mah sudah lama menekuni usaha pembuatan kerupuk. Namun oleh karena kondisi perekonomian keluarga, menjadikan produksi kerupuknya terhenti. Kini dengan bantuan dari UPK Kecamatan Karanganyar beliau memulai kembali usahanya. Bantuan sebesar Rp. 1.797.000,- diberikan kepada bu muni’mah. Selanjutnya di pergunakan untuk membeli beberapa kebutuhan produksi, selain bahan-bahan keupuk, juga membeli peralatan memasaknya, dari widik (wadah untuk menjemur), blender dan alat press. Anggaran bantuan berasal dari DOK Reguler untuk pelatihan kelompok binaan.
       Pembuatan kerupuk tergolong sangat sederhana. Komposisi nya terdiri dari tepung gandum, tepung tapioka, bawang putih, motto dan tumbar beserta garam. Bahan-bahan tersebut di campur dan di bungkus dalam sebuah plastik untuk selanjutnya di kukus. Setelah adonan di iris-iris selanjutnya di jemur, maka jadilah kerupuk yang siap masuk ke penggorengan. Seluruh proses pengolahan dilakukan di rumah bu muni’mah. Dengan di bantu suami tercinta, beliau dengan giat memproduksi kerupuk untuk konsumen pertamanya.
        Jajanan yang satu ini tidak hanya menjadi teman saat makan, tapi juga sering menjadi jajanan cemilan dan suguhan. Terlebih menjelang lebaran, jajanan ini mampu meramaikan suasana. Oleh karenanya, menjelang lebaran tahun ini, UPK Karanganyar telah memesan kerupuk produksi bu muni’mah, sekaligus menjadi pembeli pertamanya.
Selanjutnya, usaha produksi kerupuk ini akan senantiasa di pantau perkembangannya. Sehingga sebagai produsen bu muni’mah tidak sekedar mendapatkan bantuan yang bersifat sebentar, tapi juga berupa pembinaan dan bantuan dalam pemasaran hasil produksinya.

(Red : PL Karanganyar)

0 komentar:

Posting Komentar