UPK Karanganyar

Jl. Raya Karanganyar - Demak Km. 17 Telp. (0291) 3304506 Kode Pos 59582

ad

PELATIHAN KADER TEKNIS TAHAP III

Pada siang hari ini selesai sudah pelaksanaan kader teknis untuk tahap yang ke 3. Pelatihan kader teknis merupakan Pelatihan yang ditujukan bagi kader teknis desa. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan ada kader desa yang mampu melakukan perencanaan secara teknis. Hal tersebut memang penting karena desa memiliki fokus pembangunan yang cukup tinggi. Sehingga desa tidak hanya sekedar memberikan ajuan berupa usulan akan tetapi bisa merencanakan kebutuhan untuk pembangunan prasarana.


Pelaksanaan pelatihan kader teknis kecamatan karanganyar di rencanakan ada 4 tahapan, yang akan dilaksanakan dalam 4 bulan. Dimana setiap bulannya ada 3 x pertemuan.
Tahap I : Pelatihan kader teknis dilaksanakan secara bersamaan dengan pelatihan kader teknis 2 kecamatan lain yaitu kecamatan gajah dan kecamatan Dempet. Bertempat di gedung haji kecamatan gajah pelatihan kader teknis yang diampu oleh 2 Fasilitator Teknik dan 3 Fasilitator Kecamata, Pelatihan tersebut memfokuskan pada pengenalan jenis-jenis prasarana yang baik serta dasar-dasar perhitungannya. Alhamdulillah ternyata kegiatan dinilai positif oleh sebagian besar peserta.
Tahap II : Pelatihan kader teknis bertempat di gedung pertemuan kecamatan karanganyar. Pada pelatihan kader teknis tahap II selain pengenalan jenis prasarana/infrastruktur pelatian juga mengulas tentang penyusunan desain RAB dan administrasi.
Tahap III : Pelatihan kader teknis bertempat digedung pertemuan kecamatan karanganyar. untuk tahapan ini peserta diajak untuk belajar membuat perencanaan anggaran biaya lengkap dengan perhitungannya. Perencanaan perhitungan ini menyesuaikan usulan desa yaitu untuk jenis prasarana Jalan rabat beton, makadam , talud dan juga Gedung. Bentuk pelatihan dlam tahap ini meliputi teori dan juga praktek. Dalam hal ini praktek yang dimaksudkan adalah Survey Antar Patok (SAP). Diharapkan peserta mampu membuat gambar desain..
Berikut adalah suasana pelaksanaan Survey Antar Patok oleh peserta pelatihan :

 
Survey pada titik awal

 
Peserta sedang belajar membaca kompas untuk menentukan arah trase jalan



2 komentar:

UD. BINTANG ANTIK SEJAHTERA mengatakan...

Salam kenal dengan kami salah satu suplayer yang bergerak dibidang Pengerjaan prasastiPNPM ,kami numpang lewat untuk mempromosikan produk kami, Harga kami Obral untuk tahun anggaran 2011 hanya Rp 150.000,- ( Belum termasuk Ongkos kirim, semoga promosi ini dapat menambah referensi harga yang ada diteman-teman TPK di Kecamatan anda.Terimakasih.Mohon izin untuk memasang link anda di blog kecil kami.

UPK Kec. Karanganyar mengatakan...

makasih mas.semoga di tahun mendatang bisa terjalin kerjasama baru..
salam kenal dari kami..

Posting Komentar